Tutorial Menggunakan VPS Windows Dengan RDC

VPS Windows merupakan salah satu penemuan yang rasanya yang sangat penting. karena bisa membantu memudahkan banyak orang, untuk menggunakan client server. tetapi kenyataannya masih banyak yang merasa bingung bagaimana cara memanfaatkan VPS Windows, terutama ketika mereka terbiasa dengan menggunakan VPS linux.

Penggunaan VPS Windows dalam PC/Laptop

Sebenarnya jika dibandingkan memang tidak terlalu sulit, karena VPS windows ini sudah menggunakan remote komputer. Maka jika anda menggunakan VPS dengan sistem windows bisa langsung digunakan seperti halnya penggunaan pc ataupun laptop yang sudah terinstal.

Lantas berikut ini akan kita bahas mengenai tutorial lengkap cara menggunakan VPS versi windows dengan beberapa akses mulai dari RDC, mulai dari membuka atau mengakses RDC, mengisi password admin, dan cara menambah user.

Tidak perlu berlama-lama lagi. Berikut ini langsung saja kita ungkap salah satunya yaitu tutorial penggunaan VPS Windows dengan memanfaatkan akses RDC.

  1. Akses RDC (Remote Dekstop Connection)

Pertama hal yang bisa anda lakukan yaitu silakan membuka RDC.  dengan cara klik start kemudian ketik remote desktop connection pada bagian kolom kiri bawah yang ada pada komputer. setelah itu klik enter kemudian anda tunggu sampai halaman RDc muncul.

Respon dari pembukaan RDC ini memang berbeda-beda, tergantung dari pentium dan juga penggunaan laptop yang anda miliki. semakin banyak data yang anda miliki maka biasanya semakin lambat respon dari komputer tersebut sedangkan semakin sedikit data dan juga aplikasi yang anda miliki. maka respon dari RDC akan semakin cepat.

  1. Isi IP Host

Setelah selesai akan muncul kotak informasi yang meminta IP. Maka anda bisa langsung memasukan IP host server vpsnya, misalnya saja: 104.243.35.44.

Jika sudah selesai selanjutnya anda bisa langsung memasukkan username dan juga password yang diminta dalam RDC.  Biasanya VPS Windows ini akan didapatkan, apabila anda memang sudah mengetahui VPS yang anda miliki.

Usahakan untuk memasukkan username administrator dan juga password yang dibuat dengan rumit. Hal tersebut untuk membantu anda mengamankan IP yang dimiliki, dan juga tidak mudah terbobol oleh orang lain.

Langkah selanjutnya apabila anda sudah mendapatkan password dan username dan juga sudah mengisinya. Kemudian klik oke, nantinya akan muncul layar baru yang menampilkan mengenai informasi.

Bila ada notifikasi tentang pemberitahuan sertifikat silakan klik yes kemudian tunggu proses hingga selesai. Biasanya dalam halaman ini juga akan meminta beberapa perintah. Namun bisa anda lewati serta fokus pada pemberitahuan sertifikat yang diminta oleh komputer.

  1. VPS Windows Login

Selanjutnya anda tinggal menunggu proses login hingga selesai. Kemudian nantinya apabila sudah sukses maka akan muncul tampilan desktop server. Misalnya seperti gambar yang ada di bawah ini.

Hal tersebut menandakan bahwa VPS Windows yang anda gunakan sudah terkoneksi dan berhasil. Namun apabila gagal kemungkinan ada tahapan ataupun cara yang salah, sehingga anda bisa mengulangnya dari awal.

Bagaimana untuk menggunakan VPS Windows ? Khususnya pada akses RDC. Maka hal yang sering ditanyakan selanjutnya adalah bagaimana untuk mendapatkan VPS Windows tersebut. Anda tidak perlu repot karena anda bisa langsung melakukan penginstalan aplikasi yang akses RDC.

Karena kita dapat mengakses RDC di VPS Windows dengan menggunakan software remote desktop connection yang sudah tersedia pada masing-masing komputer. Hal tersebut dilakukan agar lebih mudah selama anda memang memiliki akses internet yang stabil.

Tetapi jika koneksi internet anda buruk maka hal tersebut akan menyebabkan display server lag, saat dijalankan. Anda tidak bisa dilakukan langkah-langkah yang sudah dibahas di atas.