Bisnis Pakaian merupakan salah satu jenis usaha yang terus memberikan keuntungan, bisnis usaha ini tidak akan pernah mati karena pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dimiliki. Selain itu pakaian juga sering dijadikan barang koleksi bagi wanita, sehingga permintaan jenis pakaian selalu tinggi setiap bulannya.

Dari kebutuhan dan permintaan pakaian yang terus meningkat Anda memiliki peluang untuk mencoba bisnis ini . Untuk memulai berbisnis Anda perlu mempelajari tentang cara memulai bisnis pakaian yang benar, supaya usaha yang Anda bangun selalu berjalan dengan lancar. Berikut adalah cara memulai bisnis di bidang fashion bagi pemula

Target Market

Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis, hal pertama yang harus Anda tentukan adalah target market. Siapa target yang akan Anda jadikan pelanggan, target pasar tersebut seperti baju untuk orang dewasa, baju khusus pria, wanita, baju anak-anak atau baju muslim.

C:\Users\user\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\images (4).jpeg

Tujuan dalam menentukan target pasar ini supaya Anda fokus untuk memulai usaha dan barang yang akan Anda jual sudah pasti ada. Jika stok barang yang Anda jual memenuhi permintaan customer, customer tersebut bisa Anda tarik menjadi pelanggan setia.

Ikuti Tren

Supaya bisnis Anda cepat laris dan modal cepat keluar serta menguntungkan, Anda harus jeli melihat tren atau model-model baju terkini yang sedang laku dipasaran. Anda harus mampu menyediakan barang-barang sesuai model terkini yang banyak diminati .

Bekerja Sama Dengan Supplier Terpercaya

Mempercayai seseorang itu tidak mudah, apalagi didalam dunia usaha. Sebelum Anda bekerja sama dengan supplier pilihan Anda, buatlah perjanjian bisnis yang jelas, kemudian perhatikan semua barang-barang dengan teliti supaya Anda tidak tertipu dalam memilih barang-barang yang akan dijual nantinya

Promosikan Bisnis Pakaian Anda

Untuk menjangkau pelanggan lebih luas lagi Anda perlu mempromosikan toko Anda. Banyak media promosi yang bisa Anda manfaatkan seperti facebook, instagram dll. Untuk menarik perhatian pelanggan buat promosi berupa harga diskon atau memberikan bonus kepada customer.

Buat Lapak

Untuk menciptakan toko pakaian yang bergensi Anda harus memikirkan konsep toko semenarik mungkin. Baik toko ini dalam bentuk toko online maupun offline. Untuk toko online buahlah deskripsi barang dengan jelas dan untuk toko offline usahakan terletak di lokasi yang strategis.

Memulai bisnis dengan membuka toko offline tentu membutuhkan biaya yang lumayan besar dibanding toko online. Jika Anda belum memiliki modal yang cukup untuk sewa toko, bisnis ini bisa Anda mulai dari rumah

Cara Bisnis Pakaian Di Rumah

Sebagian orang masih beranggapan untuk bisa membuka usaha pakaian tersebut harus ada toko, pemikiran seperti ini hanya akan menjadi penghambat buat Anda yang ingin memulai bisnis. Saat sekarang masalah tempat bukanlah masalah yang besar, Anda tetap bisa menjalankan bisnis dirumah. Berikut adalah beberapa cara berbisnis pakaian di rumah supaya cepat meraih omzet tinggi.

1. Sediakan stok model baju yang sedang tren

jika Anda ingin menyediakan stok barang di rumah, sediakanlah model baju yang sedang tren saat ini. atau model baju yang lagi banyak dicari customer supaya baju tersebut cepat terjual.

Untuk mengikuti tren dan model-model baju terupdate Anda harus sering mencari informasi. Karena model baju ini sifatnya sementara dan mudah berubah-ubah menyesuaikan tren yang sedang booming di mediasosial, pengaruh dari gaya luar negeri dan faktor lainnya.

2. Gunakan media internet untuk promosi dan berjualan

Kemajuan teknologi dan internet sekarang bisa Anda manfaatkan untuk mewujudkan impian Anda menjalankan berbagai cara berbisnis pakaian di rumah. Dengan bantuan internet ini Anda bisa buka toko online di mana saja, asal Anda memiliki laptop, komputer atau smartphone yang sudah terhubung dengan internet.

Hasil gambar untuk bisnis pakaian

Anda bisa memulai membuka toko online dengan bergabung bersama tokopedia, shopee, bukalapak. Atau Anda juga bisa mempromosikan bisnis Anda lewat instagram, facebook, twitter

3. Jual secara grosir kepada toko atau reseller lainnya

Membuka bisnis pakaian di rumah dengan lokasi yang kurang strategis bisa tetap Anda jalankan dengan cara menjual baju secara grosir. Menjual dengan grosir tentu harganya lebih murah dan untung yang diperoleh lebih sedikit, namun Anda bisa menjual baju dalam jumlah yang banyak

Menjual baju secara grosir ini bisa Anda lakukan lansung ke toko-toko fisik, atau Anda juga bisa bekerja sama dengan dropshipper. Melalui dropship baju-baju Anda akan dijual lewat media sosial.

Cara Menjadi Dropship Bisnis Pakaian

cara kerja dropship hanya mempromosikan produk dari supplier tanpa harus stok barang. Dan dropship mengambil keuntungan dari selisih harga jual ke pembeli dengan harga beli ke supplier. Cara menjadi dropship ini sangat gampang, dan bisa Anda jadikan sebagai kerja sampingan.

Gambar terkait

Bagi Ibu-Ibu rumah tangga menjadi dropship adalah salah satu cara untuk tetap produktif tanpa harus ngantor. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba untuk menjadi dropship berikut adalah langkah-langkah untuk memulai dropship

1. Tentukan jenis pakaian yang akan dijual

Sebelum membuka dropship pakaian Anda harus pastikan dulu jenis pakaian yang akan dijual. Usahakan pakaian yang akan dijual tersebut pakayan yang laku di pasaran. Selain itu Anda juga bisa menjual beberapa jenis produk supaya Anda cepat memahami tentang target market produk-produk yang Anda jual

2. Cari supplier yang terpercaya dan cepat respon

Supplier ini sangat menentukan dalam kelancaran bisnis dropship Anda, mulai dari kualitas barang sampai kecepatan respon dari supplier. Jika supplier Anda responnya lama, sudah tentu sangat menghambat sistem kerja dropship Anda.

3. Cari dan bandingkan harga antar supplier

Membandingkan harga ini sangat membantu Anda dalam menetapkan harga jual. Carilah referensi toko sebanyak mungkin supaya Anda bisa menentukan harga dengan tepat. Dan pilihlah supplier yang memberikan kebebasan kepada Anda untuk menentukan harga jual.

Setelah tiga langkah di atas Anda dapatkan, Anda sudah bisa memulai untuk menjual pakaian Anda secara dropship. Untuk memaksimalkan penjualan dengan sistem dropship bisa Anda lakukan dengan cara berikut

4. Buat website sendiri

Jika penjualan Anda lakukan secara online, Anda bisa membuat toko online khusus untuk produk dropship Anda sendiri. Supaya produk-produk yang Anda promosikan terkesan profesional, melalui website ini Anda bisa membangun brand sendiri sesuai keinginan Anda

5. Gunakan SEO

Untuk bisa bersaing di dunia internet dan semua produk yang Anda jual cepat laku Anda harus mempelajari tekhnik SEO.

6. Manfaatkan sosial media

Dengan memanfaatkan sosial media, bisnis pakaian yang Anda mulai dengan dropship akan memberikan banyak keuntungan. Asal Anda benar-benar fokus dan konsisten

7. Fokus dalam menjual produk

Untuk memudahkan dalam proses dropship, Anda sebaiknya fokus dengan satu jenis produk yang akan Anda jual. Jangan terlalu banyak menjual jenis-jenis produk dengan supplier yang berbeda-beda.

Dari penjelasan di atas, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis pakaian. Anda tidak perlu menyewa toko atau menentukan tempat berjualan dulu. Tetap di rumah bisnis bisa Anda jalankan secara online.