Apa itu Bisnis Travel? Bisnis di bidang jasa biro perjalanan adalah bisnis yang bergerak pada bidang penyediaan jasa transportasi dan akomodasi. Bisnis ini memberi kemudahan bagi para konsumen untuk melakukan pemesanan tiket ataupun booking aneka kebutuhan yang diperlukan untuk bepergian ke suatu tempat tertentu. Dengan kata lain, bisnis ini menggarap peluang perpindahan ataupun kepergian seseorang atau kelompok dari satu tempat ke tempat yang lain.

Adapun yang ditawarkan dari bisnis ini ialah efisiensi waktu, kemiringan harga, akomodasi keinginan individu, hingga kenyamanan pelanggan. Melalui jasa agen travel, tiap orang dapat menemukan kemudahan untuk mengatur perjalanannya sendiri. Tentu hal ini merupakan sebuah kenyamanan privat yang tak dapat dipungkiri. Sebagian besar pelanggan jasa travel ialah mereka yang memiliki kecanduan untuk bepergian atau mengisi waktu-waktu liburan mereka.

Dari waktu ke waktu travel mengalami perkembangan yang cepat. Jenis bisnis ini berkembang di seluruh belahan dunia. Dalam konteks Indonesia, travel juga marak ditekuni dan dijalankan oleh banyak kalangan. Sasaran bisnis ini jelas; meraih keuntungan dari animo masyarakat yang begitu tinggi untuk pelesir ke suatu tempat. Mengingat banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang nyaris mencapai 300 juta jiwa, maka bisnis ini tak lain merupakan bisnis yang sangat menggiurkan.

Peluang Bisnis Travel Online

Peluang yang sedang kekninian ialah bisnis travel online. Para penyedia layanan transportasi dan akomodasi melihat perkembangan dunia teknologi dan komunikasi sebagai sarana ampuh yang dapat mendongkrak promoso sekaligus pencapaian penjualan produk-produk mereka. Lantas tak mengherankan bila saat ini bertebaran paket-paket promosi ataupun informasi tentang agen-agen travel yang menawarkan layanan jasa traveling dan sejenisnya.

Dilihat dari segi peluang, usaha yang satu ini memang sangat menggiurkan. Dari data yang dihimpun oleh Kementrian Informasi dan Informatika Republik Indonesia pada awal Maret 2019, jumlah pengguna layanan internet di Indonesia berjumlah sekitar 123-130 juta orang. Dengan kata lain, jumlah pengguna internet di Indonesia membentuk suatu pasar ekonomi yang besar. Tentunya, data tersebut mengindikasikan peluang bisnis yang amat menggiurkan.

Alasan Lain Bisnis Perjalanan Online Bisa Menguntungkan

Ada beberapa alasan lain yang memperkuat peluang bisnis travel online. pertama; kemudahan akses. Pada jaman sekarang ini, banyak orang tak suka ribet. Kemudahan dan kecepatan merupakan suatu kebutuhan yang menjamur dimana-mana. Budaya instan tersebut ditopang dengan adanya kemajuan penggunaan internet dan aneka jasa lainnya. Maka tak salah bila menjalankan bisnis secara online.

Kedua; memaksimalkan promosi. Dengan menggunakan media online, misalnya membuat situs travel atau melalui media-media sosial seperti instagram, facebook, twitter dan lai-lain, akan dapat meningkatkan daya tawar promosi yang ditampilkan. Melalui internet, segala mecam informasi yang kita sampaikan akan dapat dipahami ataupun diminati secara maksimal berdasarkan pada deskripsi, gambar, hingga tawaran-tawaran persuasif yang kita ajukan.

Ketiga; mempermudah konsumen. Dengan menyediakan jasa layanan online, agen-agen travel secara otomatis telah mempermudah konsumen dalam mengatur dan mengakomodasi kebutuhannya. Hal ini tentu didukung dengan sistem dealing yang mudah, akomodasi yan gsesuai harapan konsumen, kepastian jadwal yang dapat dipercaya, hingga mekanisme pembayaran yang relatif cepat.

Berangkat dari uraian-uraian tersebut, maka dapat dipahami bahwa bisnis travel online memiliki peluang yang amat besar di Indonesia. Lebih dari itu, bisnis ini juga dapat menjangkau pelanggan dari luar negeri. Artinya, kegiatan ini akan dapat dikembangkan melampaui batas-batas regional tertentu. Maka tak menherankan bila di Indonesia bermunculan situs-situs agen travel raksasa seperti Traveloka.com, Tiket.com, Pegi-pegi.com dan lain sebagainya.

Cara Memulai Bisnis yang Akan Jadi Sukses

Usaha ini akan dapat dijalankan dengan berbagai metode. Adapun cara bisnis travel jitu yang dapat dilakukan ialah sebagai berikut;

1. Rancang Konsep Bisnis Travel Dengan Jelas

Tentukan nama agen travel Anda, rute, pelanggan yang disasar, hingga ciri khas travel Anda. Langkah ini merupakan langkah fundamental yang menjadi dasar bisnis Anda. Pilih konsep bisnis yang mungkin sedikit berbeda dengan agen-agen travel yang sudah ada agar jasa travel yang Anda tawarkan segera dilirik oleh para konsumen.

2. Jalin Kerjasama dengan Pihak Asuransi Perjalanan.

Sebagai usaha untuk meminimalisir tingkat resiko yang harus Anda tanggung atas aneka kejadian yang tidak diinginkan, maka perlu diadakan kerjasama dengan pihak-pihak yang dapat menyokong kelancaran dan membantu bisnis travel Anda, yakni pihak asuransi perjalanan. Tentu harus memilih jenis asuransi yang sudah terpercaya dan memiliki nama yang familiar dalam masyarakat luas.

3. Bersinergi dengan Pihak Penginapan

Jangan lupa untuk bersinergi juga dengan pihak penyedia jasa angkutan umum dan juga akomodasi tempat penginapan ataupun hotel. Hal ini merupakan langkah yang amat penting. Adapun yang perlu dilakukan ialah menjalin relasi sebanyak-banyaknya dengan pihak hotel ataupun penginapan dimanapun berada. Relasi yang harus dijalain terutama dengan pihak penginapan dan hotel yang berada di daerah-daerah tujuan dari jasa travel Anda.

4. Rekrut Tenaga yang Berpengalaman

Tujuan merekrut tenaga yang berpengalaman adalah agar dapat memudahkan dan membantu Anda dalam melancarkan bisnis ini, pilih dan rekrut pegawai yang sudah memiliki pengalaman di bidang ini. Otomatis akan membantu Anda dalam banyak hal.

5. Promosi Secara Maksimal

Promosi adalah sebuah keharusan dalam menjalankan bisnis ini. Anda harus memanfaatkan internet dan media-media sosial seperti instagram, facebook, twitter dan lain-lain. Tawarkan diskon menarik ataupun aneka paket perjalanan yang menarik. Trik-trik semacam ini akan menarik minat dari konsumen. Hal ini menjadi pengetahuan umum mengingat bahwa orang akan lebih tertarik dengan tawaran-tawaran yang mengandung diskon dan paket-paket perjalanan yang mengesankan dibandingkan dengan yang biasa-biasa saja.

6. Komitmen dalam Menjaga Kepercayaan Kondumen

Pegang teguh kepercayaan pelanggan dengan mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan. Hal penting dalam menjalankan bisnis ini ialah bagaimana menjaga kepercayaan pelanggan. Siapapun pelanggannya, bial sudah merasakan kualitas pelayanan yang baik dan mengesankan akan mempercayai jasa travel tersebut sehingga akan menggunakan kembali jasa agen travel tersebut saat akan bepergian di masa yang akan datang.

Tips Bisnis Travel Tanpa Modal

Bisakah Anda menjalankan bisnis travel tanpa modal? Tentu saja bisa. Asal ada kemauan dan tekad yang kuat, bisnis akan dapat dijalankan, bahkan tanpa modal sedikitpun. Namun bagaimana caranya? Ikuti tips-tips berikut:

Bentuklah Jaringan yang Kuat

Jalin relasi dengan para penyedia layanan transportasi dan hotel. Para pengusaha bidang transportasi tentu sangat membutuhkan bantuan agar moda transportasi dan jasa penginapan yang mereka tawarkan diminati dan digunakan banyak orang. Namun mereka juga tetap membutuhkan bantuan untuk mempromosikan jasa pelayanan mereka. Momen inilah yang perlu dimanfaatkan secara maksimal.

Pastikan Visi Misi Tersampaikan dengan Jelas

Tawarkan minat Anda untuk membuka bisnis pada orang-orang penting yang Anda kenal. Tak sedikit orang akan berminat menanamkan modal bila Anda memiliki visi dan misi usaha yang jelas. Buatlah promosi atau iklan melalui media online gratis. Hal ini menjadi penting karena melalui internetlah bisnis travel Anda akan dikenali dan diminati banyak orang. Dan tentunya Anda dapat melakukannya secara gratis.

Lakukan Jobdesk Secara Mandiri Dahulu

Kerjakan bisnis Anda tanpa bantuan karyawan-karyawati. Hal ini mutlak diperlukan saat awal-awal memulai bisnis tanpa modal. Jadi Anda tidak perlu membayar jasa atau tenaga orang lain terlebih dahulu.

Demikian tips menjalankan bisnis travel secara gratis atau tanpa modal. Bagi Anda yang berminat silakan mencoba. Semoga sukses!