• Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan oleh kedua belah pihak yang berbeda negara. Bukan hanya melibatkan antar negara saja namun bisa antar individu maupun perusahaan yang melakukan perdagangan atau jual beli dari negara lain juga bisa disebut perdagangan internasional.

Kegiatan ini  biasanya terjadi apabila sebuah negara memerlukan kebutuhan yang tidak tersedia di negaranya, namun tersedia di negaa lain. Oleh sebab itulah terjadi nya perdagangan internasional.

Hal penting yang mendasar dalam kegiatanini  adalah adanya kebutuhan, jadi tidak bisa sembarangan melakukan perdagangan. Dalam transaksi ini, kedua belah pihak akan sama-sama mendapatkan keuntungan. Pihak pembeli mendapat barang, sedangkan pihak penjual mendapat untung.

  • Teori Perdagangan Internasional

Dalam kegiatan ini ada dua teori yang mendasari :

Teori keunggulan mutlak

Pada teori ini negara yang dapat memproduksi dengan harga lebih murah dibandingkan negara lain akan mendapatkan keuntungan.

Teori keunggulan komparatif

Menurut teori ini walaupun suatu negara tidak memiliki keunggulan mutlak dalam memproduksi barang, namun negara tersebut mampu memproduksi paling efisien dan produktif, maka negara tersebut akan mendapat keuntungan.

  • Bentuk Perdagangan Internasional

Perdagangan bilateral

Merupakan perdagangan yang melibatkan dua negara

Perdagangan regional

Merupakan perdagangan yang melibatkan negara-negara yang berada dalam satu wilayah tertentu, seperti ASEAN.

Perdagangan multilateral

Merupakan perdagangan yang melibatkan negara- negara tanpa ada batasan wilayah atau region.

  • Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Lalu apa saja yang menjadi faktor penting terjadi nya perdagangan internasional, yaitu :

Ketersediaan sumber daya alam

Antar negara memiliki tempat yang berbeda, sehingga sumber daya alam yang dihasilkan berbeda. Ada negara yang banyak sekali menghasilkan ikan, namun tidak bisa menghasilkan sayur mayur dikarenakan wilayah yang kurang luas, seperti singapura.Untuk memenuhi kebutuhan sayur mayur nya makan negara singapura melakukan kegiatan perdagangan internasioanl. Dengan membeli atau mengimpor sayur mayur dari luar negri.

Adanya perbedaan faktor produksi

Tidak semua negara dapat memproduksi barang di negara mereka. Seperti faktor sumber daya manusia yang terbatas, atau alat-alat yang terbatas. Oleh karena itu negara yang tidak mampu memproduksi akan melakukan perdagangan internasional.

Diperlukan untuk memenuhi keperluan dalam negeri

Agar dapat memenuhi kebutuhan dalam negri maka terjadilah perdagangan internasional. Karena tidak semua kebutuhan dapat disediakan di dalam negeri tersebut.

Adanya keuntungan dagang

Adanya kegiatan ini , maka akan menghasilkan untung.

Adanya keinginan untuk memperluas pasar

Dengan adanya transaksi ini akan memperluas pasar dan pembeli.

Adanya keinginan untuk bekerja sama dengan Negara lain

Dengan bekerja sama dengan negara lain maka akan saling menguntungkan, sehingga sebuah kerja sama akan terbentuk.

Adanya Perbedaan Kondisi Geografis

Perbedaan karakteristik wilayah yang mendorong terjadinya perdagangan internasional ini.

Adanya Perbedaan Teknologi

Tidak semua negara memiliki teknologi yang canggih untuk mengolah sumber daya alam mereka, dan ada pula negara yang tidak memiliki sumber daya alam namun memiliki teknologi yang maju. Oleh sebab itulah, terjadilah perdagangan internasional, mereka akan slaing tukar agar sumber daya alam itu dapat diolah dan teknologi dapat digunakan.

Menghemat Biaya

Biaya akan lebih hemat dengan adanyan perdagangan internasional ini, karena negara sama-sama diuntungkan. Sehingga kebutuhan antar negara akan terpenuhi tanpa harus mengeluarkan modal yang besar, seperti membeli alat untuk mengolah batu bara sedangkan di negara c sudah ada alat tersebut.

  • Manfaat perdagangan internasional

Dapat menggunakan barang yang tidak ada di negara sendiri

Negara yang tidak memiliki barang di negeri nya msaih bisa menggunakan barang dari negeri lain, sehingga untuk siklus ekonomi tidak akan terhambat.

Memperluas pasar sehingga meningkatkan efisiensi produksi

Sangat jelas, adanya pasa internasional akan membuka peluang bisnis semakin besar dan akan meningkatkan skala ekonomi sehingga biaya produksi menjadi lebih murah.

Memperoleh keuntungan dari spesialisasi

Meskipun ada dua negara yang memproduksi barang yang sama, namun negara A lebih produktif dan efisien. Maka negara A akan mendapat keuntungan lebih dibandingkan negara saingan.

Sebagai sumber devisa negara

Dengan adanya perdagangan internasional akan memberikan devisa terhadap negara yang menjual barang ke luar negri.

Mendorong alih teknologi

Perdagangan internasional ini membuat negara yang msih berkembang dapat belajar ke negara yang sudah maju, melihat bagaimana teknologi mereka.

  •  Hambatan

Selain menguntungkan perdagangan internasional juga memiliki hambatan sebagai berikut :

Kebijakan Tarif 

Kebijakan tarif ini berfungsi untuk tujuan untuk membatasi masuknya produk yang diimpor dari luar negeri. Agar produk domestik tidak kalah saing dengan produk impor

Kebijakan Non-Tarif

Kebijakan non tarif adalah sebuah peraturan perdagangan selain pajak. Namun hal ini dapat menyebabkan perubahan nilai dan bisa berdampak kepada peradagangan internasioanl .

Mata Uang yang berbeda-beda

Perdagangan internasional pasti memiliki mata uang yang berbeda, maka nilai mata uang sering kali berubah.

Kualitas Produk yang Buruk

Apabila suatu negara memproduksi barang denga kualitas yang kurang baik maka akan kalah saing dengan negara yang memproduksi dengan baik.

Menurunnya Tingkat Kesejahteraan Suatu Negara

Jika tingkat kesejahteraan suaru negara menurun maka permintaan masyarakat terhadap barang akan menurun juga. Dan sangat berdampak dengan perdagangan internasioanl.

Adanya Resiko Besar dan Kesulitan dalam Melakukan Pembayaran

Karena perbedaan mata uang maka antar negara akan sulit untuk melakukan pembayaran karena harus ditukar menggunakan mata uang internasional. Dan sangat berdampak terhadap kejahatan seperti perampokan dll.

Nilai Tukar Mata Uang yang Berubah-ubah

Oleh karena mata uang yang berbeda-beda maka hambatan selanjutnya ialah pedagang internasional akan mengalami kesulitan dalam menentuka harga. Dikarenakan nilai mata uang yang berbesda-beda.

Regulasi Ekonomi yang Berbelit-belit

Semua negara memiliki aturan regulasi yang berbeda-beda, inilah yang akan menjadi tantangan dalam melakukan perdaganga internasional. Karena untuk mengurus izin di setiap negara memiliki aturannya masing2.

Keamanan Negara yang Tidak Terjamin

Keamanan di negara asing tidak bisa terjamin keselamatan sang pedagang, oleh karna itu sangat diperlukan kehati-hatian dan keamanan. Karena dalam transasksi ini melibatkan uang, yang banyak akan menimbulkan kejahatan.

 

  • Contoh Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional memiliki dua contoh, yaitu :

Ekspor

Ekspor merupakan penjualan barang dari dalam negri ke luar negri. Untuk semua kesepakatan sudah disepakati oleh kedua pihak, seperti sistem pembayaran, kuantitas dan kualitas barang, serta berbagai syarat penjualan lainnya.

Impor

Import merupakan suatu kegiatan membeli barang dari luar negri untuk digunakan ke dalam negri, berfungsi untuk memenuhi kebutuhan negara. Import biasanya dapat dilakukan perorangan namun bisa juga oleh lembaga.

Dengan adanya import sebenarnya merugikan produk lokal, menurunkan daya beli produk lokal. Karena hal itulah diadakannya pembatasan dalam mengimport produk dari luar negri ke dalam negri.